Mengenal Apa Itu Lasik Lengkap dengan Metode dan Kisaran Harganya

freepik

Penggunaan kaca mata merupakan hal yang penting bagi orang-orang yang mengidap mata minus atau positif agar dapat melihat dengan jelas.

Namun, beberapa orang merasa tidak nyaman memakai kaca mata terus menerus, apalagi ketika mengidap mata minus enam. Tentunya akan sangat sulit melihat dengan jelas tanpa kaca mata.

Salah satu alternatif pilihan untuk bisa melihat dengan jelas tanpa kaca mata adalah melakukan operasi lasik. Dengan lasik, seseorang bisa melihat dengan jelas dan tetap merasa nyaman tanpa menggunakan kaca mata atau lensa kontak.

Simak apa itu lasik, metode, dan kisaran harganya berikut ini.

Apat Itu Lasik

Lasik atau Laser Assisted In-Situ Keratomileusis adalah operasi mata yang bertujuan untuk mengobati kelainan pada refraksi, seperti misalnya, rabun jauh/mata minus (miopia), Rabun dekat/mata plus (hipermetropia), dan mata silinder (astigmatisme).

Metode penyembuhan ini dilakukan dengan mengubah ketebalan dan kelengkungan kornea. 

Pada Lasik konvensional, alat yang digunakan masih menggunakan pisau mekanis. Namun, saat ini pengobatan lasik sudah bisa menggunakan teknologi modern yaitu laser femtosecond, seperti yang digunakan di KMN EyeCare.

Dengan menggunakan laser femtosecond, hasil yang didapatkan jauh lebih baik dalam hal presisi dan akurasi dibandingkan dengan Lasik konvensional.

Secara khusus, lasik menggunakan dua buah alat: Femtosecond Laser dan Excimer Laser. Hanya kombinasi dari kedua buah alat ini yang dapat disebut sebagai “lasik tanpa pisau.”

Metode Lasik

Awalnya, Lasik dikenalkan dengan metode yang cukup tradisional, di mana pembentukan flap kornea dilakukan menggunakan pisau mikro konvensional.

Metode ini memang lebih cepat dalam pembentukan flap, tetapi memiliki keakuratan yang lebih rendah. Lasik dengan metode konvensional ini juga memiliki biaya yang lebih rendah karena alat yang dipakai lebih terjangkau.

Seiring berjalannya waktu, metode Lasik pun mengalami perkembangan. Alat dan teknologi yang dipakai menjadi lebih canggih. Dikenal dengan metode lasik Femtosecond yang membentuk flap kornea menggunakan laser femtosecond dan memberikan hasil flap dengan tepi yang lebih presisi.

Lasik menggunakan metode ini memerlukan biaya yang lebih tinggi dibandingkan lasik konvensional, mengingat peralatan dan teknologi yang dipakai juga lebih canggih.

Keunggulan dari metode lasik Femtosecond diantaranya adalah pemulihan yang lebih cepat dan minim efek terjadinya mata kering pasca lasik.

Kisaran Harga Operasi Lasik

Harga lasik mata dapat bervariasi mengingat setiap pusat pelayanan kesehatan mata menetapkan harga yang berbeda dengan beragam penawaran.

Beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya lasik antara lain metode lasik yang dipakai, kualitas pelayanan dari pusat kesehatan mata, tingkat kompetensi dokter atau ahli bedah lasik, dan jenis layanan yang Anda pilih.

Biaya operasi lasik di luar negeri harganya jauh lebih mahal dibanding dengan lasik di dalam negeri. Di Singapura, kisaran harga lasik bisa mencapai Rp50 juta. Belum lagi biaya akomodasi mencakup biaya penginapan, penerbangan, dan sebagainya.

Di Indonesia sendiri saat ini sudah banyak rumah sakit khusus mata yang menawarkan lasik. Kisaran harganya, mulai dari sekitar Rp9 juta untuk satu mata, hingga puluhan juta untuk kedua mata.

Penting sekali untuk melakukan penelitian menyeluruh sebelum memutuskan di mana Anda akan menjalani prosedur lasik. Hindari tergoda dengan iming-iming harga murah tanpa mencari tahu lebih lanjut mengenai lokasi dan dokter yang menangani.

Akhir kata, meski biaya lasik masih terbilang tidak murah namun soal harga itu relatif. Biaya tersebut dapat juga disebut sebagai sebuah investasi. Di mana, Anda terbebaskan dari ketergantungan terhadap kaca mata atau lensa kontak.

Seedbacklink