6 Tips Naik Bus Ke Tempat Baru Sendirian

Tips Naik Bus ke Tempat Baru Sendirian
Bus Budiman Keluar dari Pool (Youtube Info Jongklok)

Dulu, salah seorang dosen saya pernah memberi tips naik bus ke tempat baru sendirian seperti ini, kalau naik bus sendirian ke tempat baru jangan celingak-celinguk. Itu bisa jadi kesempatan orang jahat untuk menargetkan kita. Jalan aja lurus, ikut rombongan yang lain. Kurang lebih begitu tipsnya.

Nah, di artikel ini, saya akan share tips naik bus ke tempat baru lainnya yang perlu banget nih kita ketahui. Apa saja tipsnya? Berikut ulasannya.

1. Selalu Waspada

Tips naik bus ke tempat baru sendirian yang pertama adalah selalu waspada. Ini masih berhubungan dengan nasihat dosen saya di paragraf pertama. Waspada. Jangan celingak-celinguk yang menunjukkan kesan pendatang yang tidak tahu “medan”.

Alih-alih tengok kanan kiri, lebih baik ikut rombongan lainnya dan berjalan ke arah keramaian. Misalnya saja, warung, tempat ngopi, dan tempat kumpul rombongan.

2. Membawa Barang Secukupnya

Tips berikutnya adalah membawa barang secukupnya. Karena kamu baru pertama kali ke tempat tersebut menggunakan bus, ada baiknya membawa peralatan yang benar-benar kamu butuhkan saja. Dengan begitu, perjalanan kamu akan lebih mudah dan tidak ribet.

Jika membawa barang berharga, kamu juga bisa menyimpannya di tas yang berbeda dengan barang bawaan lainnya untuk berjaga-jaga.

3. Berbaur dengan Penumpang Lain

Saat menempuh perjalanan, boleh jadi tidak hanya kamu saja yang berangkat seorang diri. Mungkin ada penumpang lainnya yang juga berangkat sendirian ke tempat yang sama dengan kamu. Tidak ada salahnya untuk berbaur dengan penumpang lain yang juga berangkat sendirian, atau bahkan yang berangkat dengan keluarga atau temannya.

Kamu bisa sekadar ngobrol dengannya, atau berbagi snack selama perjalanan. Namun, pastikan juga kamu tetap hati-hati dan tidak mudah percaya dengan orang baru, ya.

4. Mengetahui Lokasi Loket Bus Atau PO yang Digunakan

Sebelum bisa berangkat, tentu saja kamu harus mengetahui terlebih dahulu lokasi loket bus atau PO yang ingin digunakan. Perjalanan menuju Pangandaran dari tangerang menggunakan bus Budiman, misalnya, dapat menggunakan loket bus atau PO yang ada di Cikokol.

Selain itu, penting juga untuk mengetahui fasilitas yang disedikan oleh PO bus agar keberangkatan jadi lebih nyaman. Mulai dari musholla, toilet, tempat parkir, tempat charger HP. Jika kamu telah mengetahui fasilitas apa saja yang tersedia, kamu tentu dapat merencanakan perjalanan dengan lebih baik.

5. Memilih Tempat Duduk yang Sesuai

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah memilih tempat duduk yang sesuai. Sebab, salah-salah memilih tempat duduk dapat membuat perjalanan menjadi kurang nyaman.

Untuk kamu yang ingin menikmati pemandangan, dapat memilih kursi yang berada di dekat jendela. Lalu, untuk kamu yang ingin duduk sendirian, dapat memilih bus dengan susunan kursi 2-1. Kemudian untuk kamu yang kerap mabuk dalam perjalanan, sebaiknya memilih kursi di posisi tengah yang ringan guncangan.

6. Nikmati Perjalanan

Terakhir, nikmati perjalanan. Dalam perjalanan menggunakan transportasi apa pun, pasti akan melelahkan. Sehingga, sayang sekali jika tidak bisa menikmatinya. Dengan menikmati perjalanan, rasa lelah selama perjalanan akan tergantikan dan menjadi kesenangan tersendiri.

Kamu bisa memanfaatkan setiap pemberhentian bus untuk beristirahat sejenak, baik dengan mengobrol dengan penumpang lain, minum kopi sambil merokok di warung, hingga mengisi perut agar tidak keroncongan.


Itu dia beberapa tips naik bus ke tempat baru yang dapat menjadi pedoman kamu saat berangkat sendirian. Sebagai informasi tambahan, perjalanan naik bus akan lebih mengasyikkan saat penumpang tidak terlalu ramai. Jadi, jika memungkinkan, ada baiknya kamu memilih waktu yang tepat di mana penumpang tidak terlalu ramai agar lebih leluasa selama perjalanan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "6 Tips Naik Bus Ke Tempat Baru Sendirian"

Seedbacklink