7 Cara Menurunkan Berat Badan yang Tidak Bikin Sengsara

Ilustrasi Cara Menurunkan Berat Badan
Ilustrasi Menurunkan Berat Badan (Freepik)

Masih berpikir kalau menurunkan badan itu sulit dan membuat sengsara? Jika ya, kini saatnya kamu menghapus mindset tersebut. Di artikel ini kamu akan menemukan cara menurunkan berat badan yang tidak bikin sengsara. Apa saja caranya? ini beberapa di antaranya:

1. Mengonsumsi banyak protein

Mengonsumsi banyak protein dapat membantu kamu untuk menurunkan badan secara alami dengan lebih cepat. Protein memiliki kandungan hormon yang mampu memberikan efek kenyang pada tubuh lama. Sehingga, kamu akan terhindar dari godaan makan banyak atau ngemil terlalu sering.

Mengonsumi protein juga dapat meningkatkan kinerja metobilisme tubuh, lho. Dengan begitu, tubuh akan lebih baik performanya pada saat membakar kalori.

2. Kurangi Mengonsumsi Soda dan Jus Buah Kemasan

Konsumsi soda dan jus buah kemasan terlalu sering dapat meningkatkan risiko terkena obesitas karena kedua minuman tersebut mengandung gula dan kalori yang tinggi.

Sebagai gantinya, kamu dapat mengonsumsi jus buah tanpa tambahan gula yang tidak kalah menyegarkannya dengan jus buah kemasan.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Menurut para ahli, minum air putih sebanyak 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas sehari dapat membantu membakar kalori sekitar 95. Selain itu, banyak minum air putih juga dapat menekan rasa lapar, sehingga membuat kamu jadi tidak makan terlalu banyak karena sudah merasa kenyang makan dengan porsi sedikit. 

Sangat disarankan untuk minum air putih sekitar 30 menit sebelum makan guna menahan nafsu makan berlebih.

4. Rajin Berolahraga

Agar lebih efektif, kamu juga perlu untuk rajin berolahraga selain tentu saja mengatur pola makan dan porsi makan. Tidak perlu terlalu sering, cukup 30 menit sehari dan 3 kali seminggu, selama kamu melakukannya dengan disiplin dan konsisten, akan mampu menurunkan badan secara perlahan.

Jika kamu tidak biasa berolahraga di luar ruangan, melakukannya di rumah pun bisa menjadi pilihan. Beberapa gerakan olahraga juga bisa dilakukan di dalam ruangan, seperti yoga, push up, sit up, cardio, squat, dan sebagainya.

Pastikan tidak terlalu sering intensitasnya, ya, agar proses diet kamu tidak bikin sengsara. Karena salah satu prinsip melakukan sesuatu tanpa berusaha dalam buku Effortless adalah tidak menghabiskan energi lebih dari yang bisa dipulihkan pada keesokan harinya.

5. Pastikan untuk Sarapan

Tubuh kita memiliki jam biologis untuk makan di mana pada saat itu makanan akan dicerna paling maksimal oleh tubuh. Salah satu jam biologis tersebut adalah pada pagi hari yaitu 1 jam setelah bangun tidur.

Dengan makan pada jam tersebut yaitu sarapan, tubuh akan mencerna makanan dengan lebih baik sehingga akan mendapatkan energi yang optimal untuk beraktivitas di siang hari.

Sarapan juga menghindarkan kamu untuk makan terlalu banyak di siang hari yang bisa menambah berat badan.

Beberapa makanan yang dapat kamu konsumsi saat sarapan antara lain produk gandum, susu, buah-buahan, makanan kaya protein, dan kacang-kacangan.

6. Kurangi Stress

Hal yang tidak kalah pentingnya dalam menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi stres. Pada saat stres berlebih, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan tak terkendali. Yang membuat kamu makan lebih banyak dari biasanya.

Parahnya lagi, makanan yang dikonsumsi saat stres cenderung merupakan jenis makanan yang tidak sehat, seperti junk food, makanan karbohidrat berlebih, makanan cepat saji, dan sebagainya.

7. Cukup Tidur

Cara terakhir untuk menurunkan berat badan adalah memiliki tidur yang cukup. Tidur yang cukup akan memberi waktu istirahat bagi tubuh sehingga dapat bekerja secara optimal pada keesokan harinya.

Tidur yang cukup juga membuat kamu terhindar dari godaan nafsu makan pada malam hari akibat meningkatnya hormon ghrelin, hormon yang bertugas mengontrol rasa lapar.

Selain hormon ghrelin, hormon pengontrol nafsu makan lainnya yaitu leptin mengalami penurun sehingga membuat kamu jadi sulit merasa kenyang dari biasanya.

Kombinasi kedua hormon ini sangat berbahaya bila terus menerus membuat kamu makan pada malam hari. Ujung–ujungnya berat badan kamu malah jadi bertambah.

Itu dia beberapa cara menurunkan berat badan yang dapat kamu lakukan tanpa merasa sengsara menjalaninya. Bagaimana, jadi makin optimis kan untuk segera mendapatkan berat badan ideal? Selamat mencoba, ya!


Posting Komentar untuk "7 Cara Menurunkan Berat Badan yang Tidak Bikin Sengsara"

Seedbacklink