Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta Hasilkan Tiga Kesepakatan, Apa Saja?

Sumber Gambar: kemlu.go.id

Menlu negara-negara ASEAN melakukan pertemuan pada 4 Februari lalu di Jakarta. Pada pertemuan itu, dihasilkan tiga kesepakatan yang akan menjadi fokus ASEAN di bawah keketuaan Indonesia.

Yep, Indonesia menjadi ketua ASEAN pada 2023 ini. Thumbs up!

So, apa saja tiga kesepakatan itu? Well, sebelum kita bahas satu per satu, kita ketahui dulu yuk para menlu yang hadir pada pertemuan tersebut.

Para Menlu ASEAN yang Hadir …

Hampir semua menlu dari negara anggota hadir pada pertemuan ASEAN Foreign Minister Meeting (AMM) Retreat 2023 yang dihelat pada 4 Februari lalu.

Hanya satu negara yang tidak hadir yaitu Myanmar yang saat ini tengah mengalami kekacauan politik akibat kudeta yang dilakukan oleh Junta Militer.

Berikut daftar menlu yang hadir pada pertemuan pekan lalu:

  • Dato Erywan Yusof (Brunei Darussalam)
  • Prak Sokhonn (Kamboja)
  • Saleumxay Kommasith (Laos)
  • Zambry bin Abd Kadir (Malaysia)
  • Enrique Austria Manola (Filipina)
  • Vivian Balakrishnan (Singapura)
  • Don Pramudwinai (Thailand)
  • Bui Thanh Son (Vietnam)
  • Adaljiza Magno (Timor Leste)

FYI, ini merupakan pertama kalinya bagi Timor Leste hadir di pertemuan ASEAN sejak mendapatkan restu bergabung. Status Timor Leste saat ini adalah sebagai observer.

So, Apa Saja Tiga Kesepakatan yang Dibahas?

Mengutip antaranews, berikut tiga kesepakatan yang akan menjadi fokus ASEAN di bawah keketuaan Indonesia pada 2023 ini:

Pertama, para menlu ASEAN menyatakan dukungan bersama dalam meningkatkan kapasitas dan efektivitas kelembagaan ASEAN serta kesiapan dalam menghadapi tantangan masa kini dan masa depan, termasuk menyongsong ASEAN 2045.

Kedua, para menlu ASEAN juga sepakat untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai pusat pertumbuhan. Salah satu caranya adalah dengan memperluas penggalangan dana ASEAN COVID-19 Response Fund menjadi ASEAN Response Fund, serta mengembangkan kerangka Ekonomi Biru ASEAN (ASEAN Blue Economy Framework).

Ketiga, para menlu juga setuju untuk memetakan proyek konkret bersama mitra ASEAN sebagai bagian dari implementasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP). Selain itu, juga memperkuat kemitraan ASEAN dengan negara-negara pasifik dan mengembangkan ASEAN Maritime Outlook.

Ada yang Lain?

Isu tentang Laut Cina Selatan dan Myanmar juga jadi sorotan sih di pertemuan ini. Intinya, Indonesia siap berdialog untuk membahas tentang kode tata perilaku (COC) Laut Cina Selatan dan siap membantu menyelesaikan konflik Myanmar dengan berpedoman pada Konsensus Lima Poin (5PC).

Itulah bahasan tentang tiga kesepakatan yang dihasilkan pada pertemuan AMM Retreat 2023 di Jakarta pekan lalu guys. Semoga banyak hal baik yang bisa terwujud dari pertemuan tersebut ya guys.



Posting Komentar untuk "Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta Hasilkan Tiga Kesepakatan, Apa Saja?"

Seedbacklink