Quotes Stoikisme untuk Mental Hidup Tangguh

Marcus Aurelius (dailystoic)

“Aku menilaimu tidak beruntung karena kamu belum pernah hidup dalam kemalangan. Kamu telah melewati hidup tanpa satu lawan pun - tak seorang pun pernah tahu apa yang bisa kamu lakukan, bahkan tidak juga dirimu.” - Seneca, On Providence, 4.3.

“Kamu boleh merantai kakiku, tetapi bahkan Zeus tidak punya kuasa untuk mematahkan kebebasanku memilih.” - Epictetus, Discourses, 1.1.23.

"Inilah pelajaran untuk menguji keberanian jiwamu: luangkan sebagian waktu dalam seminggu di mana kamu hanya menyantap makanan paling sedikit dan paling murah, berpakaian minim dengan busana lusuh, dan bertanyalah diri sendiri apakah ini yang terburuk yang kamu takutkan. Di masa-masa senanglah kamu perlu mempersiapkan diri menghadapi masa-masa berat di depan, karena ketika Nasib sedang baik jiwamu dapat membangun benteng pertahanan terhadap amukannya. Maka karena itulah para serdadu berlatih melakukan penyerangan pada masa-masa damai, membangun bunker ketika musuh tidak kelihatan dan latihan berat ketika tidak diserang sehingga ketika saatnya tiba mereka tidak menjadi lemah." -Seneca, Moral Letters, 18.5-6.

“Tak seorang pun yang hancur oleh Nasib, kecuali bila mereka lebih dulu tertipu olehnya… mereka yang tidak sombong di masa-masa gemilang, yang gelembung hidupnya tidak pecah akibat perubahan. Dihadapkan pada kondisi-kondisi berbeda, orang yang stabil tetap menjaga jiwa rasionalnya tak terkalahkan, karena justru pada masa-masa keemasan itulah tepatnya mereka menunjukkan kekuatan mereka terhadap tantangan hidup.” - Seneca, On Consolation to Helvia, 5.4b, 5b-6.

“Maka ingatlah, bila kamu menganggap apa-apa yang secara alamiah tertindas itu sebagai sesuatu yang bebas, dan apa yang bukan milikmu sebagai milikmu, kamu akan terbelenggu dan sengsara, menyalahkan baik para dewa maupun manusia lainnya. Namun, bila yang kamu anggap sebagai milikmu hanya yang memang milikmu, maka tak seorang pun akan mampu memaksa atau menghentikanmu, kamu tidak akan menemukan satu orang pun untuk disalahkan atau dituduh, kamu tidak akan melakukan apa pun di luar kemauanmu, kamu tidak akan punya musuh, tak seorang pun akan mencelakaimu, karena tak ada bahaya apa pun yang bisa memengaruhimu.” - Epictetus, Enchiridion, 1.3

“Pikirkanlah siapa dirimu. Di atas segalanya, seorang manusia, yang berbekal kekuatan tak lebih besar daripada pilihan akal sehatmu sendiri, yang mengawasi segala sesuatu lainnya, dan bebas dari tuan mana pun.” -Epictetus, Discourses, 2.10.1.

“Namun, tidak ada alasan untuk hidup dan tidak ada batas bagi kesengsaraan kita bila kita membiarkan rasa takut kita mendominasi.” -Seneca, Moral Letters, 13.12b.




Posting Komentar untuk "Quotes Stoikisme untuk Mental Hidup Tangguh"

Seedbacklink