Aturan 2 Menit Membentuk Kebiasaan

Sumber Gambar: Biliz Maharjan

Kamu pasti sepakat kalau yang paling sulit dari melakukan sesuatu adalah memulai, bukan? Apalagi jika sesuatu yang harus dilakukan itu adalah hal yang kamu tidak sukai. Pasti berat sekali. Berat. Kayak rindunya Dilan.

Namun, berapa banyak hal yang kita tidak sukai tetapi baik untuk kita? Dan berapa banyak hal yang kita sukai ternyata buruk untuk kita?

Karena itu, dalam hidup ini seyogyanya kita tidak hanya melakukan hal-hal yang kita sukai aja karena itu bisa membawa kepada kehancuran.

Mengutip kalimat filsuf panutan kita semua, Derrida, beliau pernah berucap seperti ini, If I only did what I can do, I wouldn't do anything. Kalau kita hanya melakukan hal-hal yang bisa kita lakukan saja, sebenarnya kita tidak melakukan apa-apa.

Oke, terus gimana dong supaya kita bisa melakukan hal yang memang harus kita lakukan meskipun kita tidak menyukainya? Oh gampang, kuncinya terletak pada kebiasaan.

Dengan membiasakan diri melakukan hal yang memang harus kita lakukan, kita akan secara otomatis mengerjakannya tanpa berpikir. Itulah kekuatan dari kebiasaan.

Ada tips dari James Clear yang bisa jadi pegangan kamu untuk membangun kebiasaan. Tips ini mudah dan praktis untuk dipraktikkan. Jadi, kamu pasti bisa mempraktikkanya.

Tips tersebut dinamakan sebagai “Aturan 2 Menit”. Intinya, kita membatasi aktivitas yang ingin kita lakukan tidak lebih dari 2 menit.

Tujuannya untuk menanamkan mindset di kepala kita bahwa hal yang kita lakukan itu tidak syuliiiit loh.

Contoh, kamu ingin membangun kebiasaan menulis 1000 kata per hari.

Alih-alih berkata pada diri sendiri, “Saya akan menulis 1000 kata per hari” kamu bisa membuatnya tampak mudah dengan mengatakan, “Saya akan membuka laptop”.

Tampak lebih mudah dan realistis, bukan?

Tulisan ini pun dibuat dengan aturan yang saya sebutkan di atas. Saya tidak mengatakan pada diri sendiri kalau saya harus menulis 500 kata pagi ini. Yang saya katakan adalah saya akan membuka laptop dan menulis paragraf pertama.

Setelah hal itu berhasil saya lakukan, saya merasa tanggung. Ah, lanjut ah ke paragraf berikutnya. Hingga keasyikan menulis hampir 500 kata.

Jadi, itulah tips dari James Clear dalam bukunya berjudul Atomic Habits yang bisa jadi andalan kamu dalam membangun habits di 2023 yang semoga cerah ini.

Anyway, contoh di atas hanyalah permisalan. Tentu saja kamu bisa menggantinya dengan aktivitas lain yang ingin kamu bangun sebagai habits.

Ganti “Saya akan membuka laptop” dengan “Saya akan memakai sepatu lari” untuk kamu yang berkomitmen lari pagi lebih sering di tahun ini.

Ganti “Saya akan membuka laptop” dengan “Saya akan membaca 1 halaman” untuk kamu yang ingin membaca lebih banyak di tahun ini.

Ganti "Saya akan membuka laptop" dengan "Saya akan manasin motor" untuk kamu yang merasa berat setiap kali ingin berangkat kerja pagi hari sekali.

Dan seterusnya, dan seterusnya.

Sekian tulisan kali ini. Semoga proses membentuk habits kamu dilancarkan!

Posting Komentar untuk "Aturan 2 Menit Membentuk Kebiasaan"

Seedbacklink