Tentang Membentuk Habits: 4 Cara Jitu Membangun Kebiasaan

Bad habits psd created by freepik - www.freepik.com


Tentang membentuk habits,


Apakah kamu sedang berusaha membangun kebiasaan positif yang bertahan lama? Jika ya, kamu perlu mengetahui cara membentuk habits yang terbukti ampuh. Dalam buku Atomic Habits karya James Clear, setidaknya, ada 4 cara jitu yang terbukti ampuh untuk membentuk kebiasaan.


#Pertama, Make It Obvious!

Sesungguhnya, setiap tindakan dan perilaku kita dipengaruhi oleh rangsangan-rangsangan tertentu (cues). Oleh karena itu, ketika kita ingin membentuk suatu kebiasaan maka kita perlu untuk memperjelas rangsangan-rangsangan yang memicu kepada perilaku tersebut.


Contoh, kamu ingin berlatih bermain gitar setiap hari. Kalau kamu letakkan gitarmu di dalam lemari terus, kemungkinan besar kamu akan malas untuk berlatih bermain gitar. Namun, kalau gitar tersebut kamu letakkan di tempat yang mudah dijangkau dan mudah terlihat, niscaya kamu akan lebih diingatkan untuk bermain gitar lebih sering.


#Kedua, Make It Attractive!

Pasti kamu setuju, kalau kita sebagai manusia cenderung termotivasi melakukan sesuatu yang menurut kita menarik dan keren. Saat kita melakukan sesuatu yang kita sukai, otak kita memproduksi hormon dopamin yang membuat kita merasa bahagia. Nah, ini bisa kita manfaatkan untuk membantu kita membentuk habits.


Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya yaitu dengan bergaul dengan orang-orang yang mempunyai minat dan ketertarikan yang sama dengan kamu. Hal ini akan membuat aktivitas yang ingin kamu bentuk sebagai habits, tampak keren di mata kamu sehingga kamu jadi lebih termotivasi untuk terus mengupayakannya.


Selain itu, kamu juga bisa mempraktekkan teknik temptation bundling, di mana kamu menggabungkan hal yang kamu sukai dengan hal yang kamu kuran sukai. Sebagai contoh, kamu bisa berkata pada diri sendiri, “Setelah lari pagi hari ini, aku akan nonton Netflix.” Atau, “Setelah menulis satu halaman hari ini, aku akan minum kopi bersama teman-teman.” Dan sebagainya. Intinya, gabungkan hal yang kamu sukai dengan yang kamu kurang sukai. Hal ini akan mempermudah kamu dalam membentuk habits.


#Ketiga, Make It Easy!

Nah, ini penting banget. Dibuat mudah teman-teman 😊


Sebagai manusia, kita memang secara alamiah terdorong untuk melakukan apa-apa yang kita anggap mudah. Biasanya, semakin besar usaha yang diperlukan untuk melakukan sesuatu, semakin males kita melakukannya.


Karena itu, buatlah aktivitas yang ingin kita bentuk sebagai habits menjadi tampak mudah dilakukan. Bagaimana caranya? Dengan “mengakali” pikiran kita.


Daripada kita berkata pada diri sendiri, "saya akan berolahraga setiap hari", kita bisa mengubah redaksinya menjadi, "saya akan memakai sepatu setiap hari". Daripada berkata akan membaca al-Qur’an satu juz setiap hari, kita bisa mengubahnya menjadi, “membuka Mushaf al-Qur’an setiap hari.”


Hal ini tampak sederhana. Namun, perubahan sedikit pada mindset dapat menimbulkan perbedaan yang besar.


#Keempat, Make It Satisfying!

Buatlah proses membentuk habits ini jadi sesuatu yang menyenangkan. Dengan begitu, kamu akan lebih punya energi untuk konsisten menjalankannya.


Bagaiman caranya, itu tergantung kamu. Pasalnya, tiap orang punya kecenderungan masing-masing terkait apa yang mereka sukai. 


Untuk lebih memahami hal ini, cerita di bawah ini sekiranya bisa mewakili:


Suatu hari, ada pasangan yang ingin pergi liburan ke Bali. Mereka perlu mengumpulkan sejumlah uang untuk berangkat ke sana. Singkat cerita, mereka membuat rekening khusus yang nantinya uangnya akan digunakan untuk membiayai liburan tersebut.


Setiap kali mereka berhasil menghindari makan di luar, mereka transfer uang yang tadinya untuk makan di luar, ke rekening tersebut. Ada kepuasaan tersendiri saat melihat pundi-pundi rupiah masuk ke rekening tersebut. Kebiasaan ini pun berlanjut hingga target dana liburan mereka tercapai.


Begitulah kira-kira. Intinya, temukan hal-hal menyenangkan di dalam prosesmu membangun habits.


Itulah 4 cara jitu untuk membentuk kebiasaan yang bertahan lama. Sekarang kamu sudah tahu cara membentuk habits yang tepat, bukan? Apakah saat ini kamu semakin bersemangat?


Posting Komentar untuk "Tentang Membentuk Habits: 4 Cara Jitu Membangun Kebiasaan"

Seedbacklink