7 Band Britpop Terpopuler di Era 90-an, Ada Band Favoritmu?

Sumber: Rough Trade Blog

Siapa di sini yang suka dengan Oasis, Blur, atau The Verve? Pasti sudah tidak asing lagi dengn istilah Britpop.


Britpop sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yakni British dan Pop. Dari namanya saja, kita sudah bisa menebak kalau aliran musik ini berasal dari Inggris. British Pop merupakan subgenre dari rock alternatif indie yang populer di awal tahun 1990-an.


Lantas, ada siapa saja band Britpop yang populer di era 90-an? Berikut 7 di antaranya!


Band Britpop Terpopuler di Era 90-an


1. Oasis


Oasis, nme.com


Siapa yang tak kenal dengan Band asal Manchester ini? Band yang dimotori oleh Noel dan Liam Gallagher ini merupakan salah satu Band Britpop paling populer di era 90-an. Kemampuan Noel Gallagher dalam menciptakan lagu-lagu yang menyentuh perasaan berpadu dengan karakter vokal Liam Gallagher yang tangguh dan macho.


Perpaduan dua jiwa ini membuat Oasis mampu menghasilkan karya-karya fenomenal yang terus hidup di hati penggemar hingga sekarang.


2. Pulp


Pulp, Genius.com


Pulp adalah band yang terbentuk pada tahun 1978 di Sheffield, Inggris. Salah satu lagu yang melambungkan namanya adalah “Common People” yang bercerita tentang bagaimana susahnya menjadi orang biasa.


Band yang satu ini memiliki kemampuan dalam meramu lirik yang membumi sehingga dapat diterima oleh khalayak kelas menengah. Selain itu, kepiawaian dalam membuat alunan musik yang punya ciri khas dan indah adalah kelebihan lain dari band Britpop satu ini.


3. Blur


Blur, bbc.co.uk


Blur adalah salah satu Band Britpop paling populer di era 90-an. Band yang beranggotakan Damon Albarn (Vokalis), Graham Coxon (gitaris), Alex James (Basis), dan Dave Rowntree (Drummer) ini, dianggap sebagai rival terberat Oasis yang dimotori oleh Gallager bersaudara (Liam dan Noel).


Pada masa itu, Blur dinilai sebagai musisi yang mewakili kaum elit, sementara Oasis dinilai sebagai musisi yang mewakili kelas pekerja. Rival di antara kedua Band tersebut dikenal dengan sebutan “The Battle of Britpop”.


4. The Stone Roses


The Stone Roses, Republika.co.id

The Stone Roses adalah band Britpop yang berdiri di Manchester pada tahun 1983. Band yang disukai oleh pentolan Oasis Liam Gallagher ini terdiri dari Ian Brown (Vokalis), Gary “Mani” Mounfield (Basis), John Squire (Gitaris), dan Alan “Reni” Wren (Drum).


Album debut mereka yang fenomenal adalah The Stone Roses yang rilis pada tahun 1989. Dengan lagu hits-nya berjudul I wanna be adored, Band Britpop satu ini sukses menjadi salah satu Band terpopuler pada era 90-an. I wanna be adored bahkan menjadi salah satu soundtrack film Tick, Tick...Boom! yang dibintangi oleh Andrew Garfield.


5. Suede


Suede, gq-magazine.co.uk


Band Britpop lain yang tak kalah populernya adalah Suede. Band yang terbentuk pada tahun 1989 di London, Inggris ini diawali oleh Brett Anderson (Vokalis) dan Justine Frischman (gitaris). Meski mereka menolak dianggap sebagai Band Britpop untuk menghindari pengkotak-kotakan dalam bermusik, Album debut mereka yang bertajuk “Suede” mendapat tempat di papan atas tangga lagu Inggris. Salah satu lagu terpopuler mereka adalah The Beautiful Ones.


6. Radiohead


Radiohead, bbc.com


Satu lagi band Britpop tahun 90an yang populer adalah Radiohead. Band yang satu ini sebetulnya agak sulit untuk dikategorikan ke dalam satu genre saja, mengingat musik yang dihasilkan oleh Thom Yorke dan kawan-kawan ini tergolong unik dan memiliki ciri khas di setiap albumnya.


Seperti di album In Rainbows, Radiohead mulai banyak menggunakan instrumen musik elektronik. Hal yang tidak ditemukan pada album debut mereka. Adapaun lagi yang melambungkan nama band Radiohead adalah Creep. Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan lagu yang satu ini, bukan?


7. Supergrass


Supergrass, Shutterstock.com

Para personel Supergrass masih berusia remaja saat mereka merekam lagu pertamanya. Meski begitu, semangat dan antusiasme mereka dalam bermusik tidak pernah padam termakan usia. Lagu-lagu dari Band satu ini sangat kental dengan nuansa humor dan energi yang tinggi. Rasakan sendiri sensasinya dengan mendengarkan lagu mereka berjudul “Alright” dan “Sun Hits The Sky”.


Nah, itulah 7 daftar band Britpop Terpopuler di era 90-an yang karyanya masih hidup hingga saat ini. Adakah band favoritmu masuk di antaranya?


Daftar Refensi:

https://www.kiostix.com/id/article/477/5-band-britpop-dengan-eksistensi-musik-selalu-dihati

https://yoursay.suara.com/ulasan/2021/11/13/193000/tak-cuma-oasis-ini-3-band-britpop-populer-lain-yang-karyanya-wajib-kamu-dengar

https://hot.detik.com/music/d-1906987/10-band-britpop-terbaik



Posting Komentar untuk "7 Band Britpop Terpopuler di Era 90-an, Ada Band Favoritmu?"

Seedbacklink