5 Band Grunge Populer yang Bikin Nostalgia Ke Era 90-an

Grunge merupakan subgenre dari alternative rock yang tumbuh subur di kota Seattle, Amerika Serikat. Nama aliran ini kemudian meluas ke seluruh dunia pada akhir 1980-an, mengalahkan kepopuleran aliran hair metal dan glam rock pada masa itu. Grunge mempunyai makna kumuh, kotor, namun mempunyai spirit kebebasan dan perlawanan yang membuatnya "digilai" generasi muda pada masanya.


Lantas, daftar band grunge apa saja yang populer pada masanya yang mampu membuat kita bernostalgia ke era 90-an? Ketahui jawabannya di artikel ini!


Band Grunge Populer yang Bikin Nostalgia


1. Nirvana

Nirvana, nme.com

Nirvana. Nama band yang satu ini pasti melekat di ingatan orang-orang kala mendengar mengenai Grunge. Hal yang wajar, mengingat Nirvana merupakan salah satu band yang turut mempopulerkan aliran grunge ke seluruh dunia. Meskipun bukan yang pertama mengusung aliran ini, namun andil band yang beranggotakan tiga orang ini sangat luar biasa, terutama di album kedua mereka, Nevermind.


Distorsi yang kasar berpadu dengan lirik yang depresif dan “gelap” sangat kuat terasa dalam setiap lagu-lagu Nirvana, yang menjadikan mereka sebagai musisi grunge panutan generasi muda pada masa itu.


2. Alice In Chains

Alice in Chains, goodreads.com

Semua bermula ketika Layne Staley (sang vokalis) bertemu dengan Jerry Cantrell (gitaris), ditambah kehadiran Mike Starr (bassis) dan Sean Kinney (pada drum) melahirkan sebuah band grunge fenomenal bernama Alice in Chains pada tahun 1989.


Karakter suara Staley yang tinggi dan melengking berpadu dengan kepiawaian Cantrell dalam memainkan gitar dengan distorsi yang berat, menobatkan Alice in Chains sebagai musisi grunge paling metal dibanding yang lainnya.


Di sisi lain, perpaduan Staley dan kawan-kawan tersebut juga mampu melahirkan harmoni yang “gelap” namun tetap indah. Keindahanan ini dapat dirasakan kala Alice in Chains tampil di acara MTV Unplugged dengan konsep akustik. Dengan membawakan lagu, Down In a Hole, Nutshell, Would?, Rooster, dan Heaven Beside, band yang lahir di Seattle ini mampu menghipnotis penonton dengan harmoni yang memukau.


3. Pearl Jam

Pearl Jam, loudersound.com


Pearl Jam merupakan band grunge yang kerap disorot media sebagai musisi grunge terbesar kedua setelah Nirvana. Namun, jika kita mau mengesampingkan standar grunge, Pearl Jam jelas mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak kalah dengan musisi grunge lainnya. Bahkan, tidak sedikit band yang lahir di era 2000-an awal, baik di Indonesia maupun di luar negeri terinspirasi oleh Pearl Jam.


Pearl Jam seringkali mengangkat tema-teman sosial dan hal-hal yang bersifat depresif dan introspektif dalam karyanya. Hal ini bisa dilihat pada lagu ‘Jeremy’ yang mengangkat tema bullying dan bunuh diri di kalangan anak muda, serta ‘Even Flow’ yang mengangkat tema kemiskinan dan kesenjangan sosial.


4. Soundgarden

Soundgarden, deezer.com


Soundgarden merupakan band grunge yang dinobatkan sebagai salah satu dari empat Godfather of Grunge. Sebelum Nirvana, Soundgarden sudah lebih dulu tampil di depan publik dengan gaya bermusik yang dilabeli sebagai grunge di kemudian hari.


Dengan lagu-lagu andalan mereka seperti salah satunya Black Hole Sun yang mengarah ke arah Psychedelic, dan karakter kuat dari Chris Cornell dengan suara vokal yang mampu mencapai empat oktaf, membuat Soundgarden mendapat tempat di hati penggemar dan disebut sebagai “The New Led Zeppelin”.


5. The Smashing Pumpkins

The Smashing Pumpkins, Tirto.ID


Tidak segahar band-band yang telah disebutkan sebelumnya dalam sejarah grunge, namun The Smashing Pumpkins tidak dapat dipandang sebelah mata dalam kepopulerannya, terutama di awal kemunculannya yang kental dengan nuansa grunge yang ‘gelap’. Coba saja dengarkan lagu mereka Cherub Rocks dan Bullet with Butterfly Wings.


Berawal dari pertemuan Billy Corgan dan James Iha di toko kaset tempat corgan bekerja, serta masuknya D’arcy Wretzky dan Jimmy Chamberlin, The Smashing Pumpkins akhirnya terbentuk pada tahun 1988 dan mewarnai sejarah musik grunge, meskipun seiring berjalannya waktu The Smashing Pumpkins condong ke arah Indie rock alternative.


Itulah 5 band grunge populer yang mampu membuat kita bernostalgia ke era 90-an. Masih banyak lagi nama-nama band grunge yang belum disebutkan pada artikel ini, seperti Mudhony, Stone Temple Pilots, dan Silverchair. Dapatkah kamu menyebutkan yang lainnya?






Posting Komentar untuk "5 Band Grunge Populer yang Bikin Nostalgia Ke Era 90-an"

Seedbacklink