Ketika Belajar Sesuatu, Jangan Merasa Diri Sudah Tahu


Ketika belajar sesuatu, jangan merasa diri sudah tahu. Sebab, bagaimana mungkin kita dapat mengambil pelajaran dari sesuatu yang kita anggap kita sudah mengetahuinya? Di sinilah pentingnya untuk rendah hati. Cukup rendah hatikah kita untuk menganggap diri ini belum tahu apa-apa? Cukup rendah hatikah kita untuk mengakui, bahwa banyak hal di dunia ini yang belum kita ketahui?


Seperti kata bijak populer dari Biksu Tong di serial Sung Go Kong, Kosong adalah isi, isi adalah kosong. Kalimat barusan bisa berarti bahwa sesuatu yang kosong sejatinya adalah berisi karena ia dapat ditambahi berbagai hal. Sementara sesuatu yang sudah terisi pada hakikatnya adalah kosong karena ia tidak dapat lagi ditambahi berbagai hal.


Atau, contoh lain yang bisa kita perhatikan, yakni gelas setengah kosong. Saat belajar sesuatu, penting untuk kita “mengosongkan gelas”. Layaknya air yang sudah penuh, ia akan menumpahkan air yang ditambahkan kepadanya. Begitu juga ketika belajar, apa-apa yang kita pelajari akan hilang dan lenyap begitu saja, karena kita merasa sudah tahu. Merasa diri sudah tahu adalah layaknya gelas yang sudah penuh.


Posting Komentar untuk "Ketika Belajar Sesuatu, Jangan Merasa Diri Sudah Tahu"

Seedbacklink