Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

My Kind of Quotes Part 2, Filosofi Teras Quotes

Buku Filosofi Teras


Pada My kind of quotes part 2 ini, gue menyadur dari buku Filosofi Teras karya Henry Manampiring atau biasa disapa om Piring. Tanpa berlama-lama, langsung saja. Ini dia my kind of quotes part 2


My Kind Of Quotes


“Kembalilah ke filsafat…..bagai pasien yang mencari obat untuk mata yang lelah, atau perban untuk luka bakar, atau salep. Kamu akan menaati nalar dan rasio…dan menikmati perawatannya.” Marcus Aurelius (Meditations).


“Jika saya berkata pada seorang atlet, ‘Coba tunjukkan otot bahumu’, dan ia menjawab dengan ‘Lihatlah besi-besi beban saya’, maka akan saya katakan, ‘Enyahlah kau dengan semua besi bebanmu! Saya tidak ingin melihat besi bebanmu, tetapi apa yang sudah kamu dapatkan dengan menggunakan besi beban itu.” – Epictetus (Discourses).


“Saya harus mati. Jika sekarang saatnya, biarlah saya mati sekarang. Jika masih nanti, maka saya mau makan siang dulu sekarang, karena jam makan siang sudah tiba. Soal mati, nantilah saya urus.” – Epictetus (Discourses).


“Orang-orang yang sangat menginginkan dikenang sesudah mati lupa bahwa mereka yang akan mengenangnya pun akan mati juga. Dan begitu juga orang-orang sesudahnya lagi. Sampai kenangan tentang kita, diteruskan dari satu orang ke yang lain bagaikan nyala lilin, akhirnya meredup dan padam.” – Marcus Aurelius (Meditations).


Life is long if you know how to use it…we are not given a short life but we make it short…and wasteful of it.” – Seneca (On Shortness of Life).


“Usahakanlah agar kamu meninggalkan anak-anak yang terdidik dengan baik dan bukannya kaya (harta), karena mereka yang terdidik memiliki harapan yang lebih baik daripada kekayaan si bodoh (ignorant).” Epictetus (Discourses).


“Kamu sungguh sial jika kamu tidak pernah tertimpa musibah. Karena artinya kamu menjalani hidup tanpa pernah menghadapi ‘lawan’. Tidak ada yang tahu kemampuanmu sesungguhnya – bahkan dirimu pun tidak.” – Seneca (On Providence).


“Karena kita bisa menerima dan menyesuaikan diri. Pikiran kita bisa beradaptasi dan bisa mengubah halangan agar justru mendukung tujuan. Halangan terhadap tindakan kita justru memajukan tindakan kita. Apa yang menghalangi jalan kita menjadi jalan itu sendiri.” (Meditations).


“If you live according to what others think, you will never be rich.” – Seneca (Letters).


“Kamu tidak bisa dihina orang lain, kecuali kamu sendiri yang pertama-pertama menghina dirimu sendiri.” – Epictetus (Enchiridion).


“Satu hal penting untuk selalu diingat: tingkat perhatian kita harus sebanding dengan objek perhatian kita. Sebaiknya kamu tidak memberikan kepada hal-hal remeh waktu lebih banyak dari selayaknya. – Marcus Aurelius (Meditations).


“Musibah terasa paling berat bagi mereka yang mengharapkan hanya keberuntungan.” – Seneca (On Tranquility of Mind).


“Saya tidak pernah memercayai Dewi Keberuntungan (Fortuna), bahkan ketika ia tampak ramah kepada saya. Semua berkah dan rezeki yang diberikannya kepada saya – uang, jabatan, pengaruh – saya tempatkan sedemikian rupa sehingga ia bisa mengambilnya kembali tanpa mengganggu saya. Saya menjaga jarak yang lebar dengan segala berkah tersebut, agar Ia bisa mengambilnya baik-baik, bukan merenggut paksa dari saya.” – Seneca (Consolations to Helvia).


“(Kamu mendapatkan) ketimun pahit? Ya buang saja. Ada semak berduri di jalan setapak yang kamu lalui? Ya berputar saja. Itu saja yang kamu perlu tahu. Jangan menuntut penjelasan, ‘Kenapa ada hal (tidak menyenangkan) ini??’ Mereka yang mengerti sesungguhnya dunia seperti apa akan mentertawakanmu, seperti tukang kayu yang melihat kamu kaget karena ada banyak debu hasil gergaji di tempat kerjanya, atau tukang sepatu melihat kamu kaget karena banyak sampah kulit sisa (di tempat kerjanya).” – Marcus Aurelius (Meditations).


“We suffer more in imagination than in reality.” – Seneca (Letters)


Itulah beberapa quotes yang gue banget dari Filosofi Teras. Jika kamu juga suka tipikal quotes yang semacam itu, mungkin kamu akan suka juga dengan my kind of quote part one. Yuk, mari!


Selain itu, jika kamu tertarik mempelajarinya lebih jauh, silakan beli buku Filosofi Teras karya om Piring. Belinya bisa di Tokopedia yang kasih kamu gratis ongkir. Ini link-nya: Buku Filosofi Teras

Posting Komentar untuk "My Kind of Quotes Part 2, Filosofi Teras Quotes"