Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Membuat Artikel untuk Pemula, Yuk Pahami!

Tidak dapat dipungkiri, kemampuan menulis merupakan skill yang banyak dibutuhkan saat ini. Di era digital seperti saat ini, kebutuhan untuk konten website maupun social media tidak terlepas dari konten tulisan, termasuk tulisan berupa artikel.


Namun, bagaimana cara membuat artikel yang menarik dengan mudah? Simak ulasannya pada artikel ini dan baca sampai selesai, ya!


Cara Membuat Artikel untuk Pemula


1. Tentukan Topik


Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan topik tulisan. Topik bisa berupa apa saja. Mulai dari parenting, kesehatan, olahraga, dan sebagainya. Hanya saja, sebaiknya kamu memilih topik yang kamu sukai dan minati. Hal ini demi mempermudah kamu dalam membuat artikel dan membuat kamu lebih bersemangat dalam prosesnya.


Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan audiens atau target pembaca. Buatlah artikel yang menjawab kebutuhan target audiens sehingga mereka akan datang lagi dan lagi dan menunggu update konten selanjutnya dari kamu. Dengan begitu, artikel yang kamu buat akan mendatangkan banyak traffic dan bermanfaat untuk orang lain.


2. Buat Headline yang Menarik


Pernahkah kamu meng-klik sebuah berita di internet lantaran tertarik dengan judul berita tersebut? Inilah fungsi dari headline, yaitu membuat seseorang penasaran dengan isi suatu berita atau tulisan.


Ada begitu banyak konten tulisan yang bertebaran di internet. Tanpa headline yang menarik, artikel yang kamu buat kemungkinan besar akan kalah bersaing dengan artikel lain yang serupa. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan? 


Salah satu cara untuk membuat headline yang menarik adalah dengan menyertakan angka pada headline. Misalnya saja, “7 Cara …”, “10 Rekomendasi …”, dan sebagainya. Dilansir dari neilpatel.com, cara ini mampu meningkatkan interaksi dengan pembaca hingga 73%.


3. Kalimat Pembuka Itu Penting


Kalimat pembuka merupakan hal yang krusial dalam penulisan artikel. Sebab, pada tahap inilah pembaca memutuskan untuk melanjutkan membaca artikel sampai selesai atau tidak. Maka dari itu, kalimat pembuka pada artikel yang kamu buat harus mampu meyakinkan pembaca untuk tidak meninggalkan artikel kamu. Bagaimana caranya?


Caranya adalah dengan memberikan gambaran singkat mengenai isi dari artikel. Buatlah pembaca merasa yakin bahwa mereka berada di “artikel yang tepat”. Kamu juga dapat mengajukan pertanyaan yang membuat pembaca penasaran. Misalnya saja, dengan mengajukan pertanyaan seperti ‘ingin tahu lebih lanjut?’ dan yang semacamnya.


4. Keterbacaan


Membuat tulisan di media digital berbeda dengan menulis di media konvensional. Pada media digital, pembaca cenderung mengakses suatu konten tulisan melalui perangkat mobile. Karena itu, penting untuk membuat artikel yang nyaman dibaca pada layar smartphone.


Buatlah paragraf artikel terdiri dari 3-4 kalimat saja dan hanya mengandung 1 ide pokok. Dengan begitu, pembaca tidak akan lelah ketika membaca tulisan kamu melalui perangkat mobile. Tulisan yang kamu buat pun menjadi lebih enak dibaca dan mudah dicerna oleh pembaca.


5. Perkuat dengan Referensi


Agar artikel kamu berkualitas dan bernilai mahal, kamu perlu untuk memperkuat tulisan dengan referensi yang valid dan terpercaya. Referensi ini dapat berupa data statistik, hasil penelitian para ahli, hingga opini pakar yang ahli di bidangnya.


Dengan referensi yang kredibel, artikel yang kamu buat akan sulit dibantah dan lebih dipercaya oleh pembaca. Hal ini karena kamu menulis artikel sesuai fakta dan data yang ada, bukan menulis berdasarkan pendapat pribadi yang belum tentu kebenarannya.


6. Diamkan Terlebih Dahulu


Terakhir, jangan langsung mem-posting tulisan yang baru saja selesai kamu buat. Berilah jeda untuk diri kamu beristirahat beberapa waktu. Biasanya setelah beristirahat kamu akan menemukan diri kamu lebih fresh dan lebih paham dengan apa yang baru saja kamu tuliskan. Setelah itu, kembalilah menulis artikel dan lakukan koreksi pada bagian-bagian yang kurang sesuai.


Kamu dapat mengganti kata yang kurang tepat, menghapus kalimat yang tidak efektif, atau menambahkan data-data yang dapat memperkuat tulisan. Di sisi lain, jika terdapat salah ketik pada tulisan, kamu pun dapat mengetahuinya.


Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat artikel yang menarik dan berkualitas. Selamat mencoba! Baca juga: Tips Menulis Cerita Raditya Dika di sini!


2 komentar untuk "6 Cara Membuat Artikel untuk Pemula, Yuk Pahami!"