Keinginan Menghasilkan dari Tulisan

Gue berada di fase dimana gue ingin menghasilkan dari tulisan. Selama ini gue menulis ya, menulis aja. Gak peduli ada uangnya atau nggak. Gak peduli ada manfaatnya buat orang lain atau nggak. Gue menulis suka-suka yang penting hatiku senang 😀


Keinginan untuk menghasilkan dari tulisan ini semakin diperparah ketika tadi siang gue ikut webinar Money Mindset for Writers yang diadakan oleh impactfulWriting. Selama webinar berlangsung dan setelah baca-baca e-booknya di hari sebelumnya, gue merasa dikomporin terus untuk dapat menghasilkan dari tulisan.


Gue merasa diingatkan kembali tentang beberapa hal, dan juga disadarkan akan satu hal: betapa mindset gue tentang uang masih belum beres. Pantas diri ini belum juga dapat foya-foya dari menulis. Cieilah, foya-foya. Tapi alhamdulillah, sekarang pikiran gue sudah mulai terbuka. Mindset gue tentang uang juga sudah mulai membaik. Semoga terus membaik hingga akhirnya gue bisa hidup berkecukupan dari menulis.


Ya, berkecukupan. Gue gak muluk-muluk kok. Gue gak expect untuk jadi kaya dari menulis. Asal bisa cukup aja gue udah seneng banget. Cukup buat beli mobil, cukup buat beli rumah, dan cukup buat jalan-jalan ke Bali tiap bulan. IYAAA MAAP JOKES GUE BAPACK BAPACK BANGET YA WKWK.


Tapi terus terang, seandainya boleh meminta dan berharap, gue memang ingin bisa hidup dari menulis. Bagaimana caranya? Banyak. Bisa dengan menjual karya, jadi freelancer, atau jadi blogger dengan konsisten membuat konten berkualitas di blog ini.


Namun, untuk menjual karya sepertinya masih terlalu jauh, gue gak punya pengalaman dan pemahaman sebaik itu untuk dapat meyakinkan orang lain menukarkan uangnya dengan itu. Kecuali kalo ada orang mau memberikan uangnya demi cerita-cerita receh yang tidak akan mengubah dunia dan hidup orang yang bersangkutan 😂 gue cukup mahir dalam yang satu itu #recehislyfe.


Yang masih mungkin gue dapatkan dalam waktu dekat adalah dengan jadi freelancer dan jadi blogger. Gue sendiri saat ini sudah jadi freelancer yang menangani beberapa permintaan klien. Tapi kemampuan gue masih di tingkat pemula yang job nya gak seberapa. Bayarannya juga belum gede. Gue masih harus terus meningkatkan skill menulis gue kalau mau dapet lebih dengan menjadi freelancer.


Sedangkan jadi blogger, gue masih berusaha untuk itu. Kuncinya adalah pada konsistensi dan persistensi. Apakah gue bisa konsisten membuat konten yang berkualitas di blog ini? Entahlah. Tapi kalau gue bisa, ini bisa jadi pintu rezeki untuk ke depannya. Ada banyak yang bisa gue lakukan. Bisa dengan rajin ikutan lomba blog, dapetin google ads, dan lain-lain.


Yah, pada akhirnya sih, ada banyak jalan yang bisa ditempuh. Gue hanya perlu terus melangkah. Sambil membekali diri dengan mindset yang tepat.

"Kita beralih dari era industri ke era pekerja berpengetahuan -- dengan segala konsekuensinya yang berat." - Dr. Stephen R. Covey

Posting Komentar untuk "Keinginan Menghasilkan dari Tulisan"

Seedbacklink